5 Manfaat Meikarta Bagi Pemerintah Ini Buktikan Bahwa Meikarta Memberikan Dampak Positif Bagi Semua Pihak

5 Manfaat Meikarta Bagi Pemerintah Ini Buktikan Bahwa Meikarta Memberikan Dampak Positif Bagi Semua Pihak

Meikarta. Kota dengan konsep masa depan itu memang digadang-gadang menjadi kota dengan infrastruktur terbaik se-Asia Tenggara. Tak heran Meikarta menarik atensi semua orang. Tak hanya investor dan masyarakat yang menerima dampak positif dari Meikarta, Pemerintah pun juga memperoleh efek positif dari proyek Meikarta.

Berikut ini merupakan manfaat Meikarta bagi pemerintah :

  • Mengatasai backlog

Krisis perumahan memang menjadi isu dunia yang cukup serius.  Kurangnya bangunan rumah (backlog) untuk ditempati juga dirasakan oleh bangsa Indonesia. Defisit kebutuhan rumah indonesia diperkirakan mencapai 13 sampai 15 juta KK.

Hal ini bukan disebabkan karena tak adanya pekerjaan maupun gaji, namun harga hunian layak yang sangat tinggi di daerah kota besar, khususnya Jakarta membuat masyarakat berpikir dua kali untuk membeli hunian.

Hal ini diungkapkan oleh Ombudsman Republik Indonesia (ORI) pada saat mengadakan pertemuan dengan PT Lippo Cikarang. Manfaat Maikarta bagi pemerintah salah satunya adalah mengatasi krisis backlog.

Meikarta ditargetkan membangun jutaan hunian berupa apartemen yang dapat dibeli oleh rakyat golongan menengah ke bawah. Bahkan proyek Meikarta sama sekali tak memiliki bantuan dari pemerintah negara, sehingga tak membebani anggaran.

  • Lapangan Kerja

Manfaat Meikarta bagi pemerintah ini tentunya tak dapat dipertanyakan lagi. Dalam proses pengerjaannya, Meikarta memperkerjakan sekitar 85 ribu pekerja dan 30 kontraktor dalam negeri. Selain itu, dengan adanya proyek pembangunan Meikarta,  banyak masyarakat sekitar yang memanfaatkan lokasi sebagai tempat wisata.

Sehingga mendorong UKM-UKM kecil untuk mendirikan usahanya di sekitar lokasi Meikarta, terlebih UKM dalam bidang makanan.

Selain itu, dalam pembangunannya Meikarta juga membutuhkan properti-properti yang tentu akan membuat industri-industri di bidang bangunan meningkatkan produksinya.

5 Manfaat Meikarta Bagi Pemerintah Ini Buktikan Bahwa Meikarta Memberikan Dampak Positif Bagi Semua Pihak
Photo by akurat.co
  • Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Dan Industri

Manfaat Meikarta bagi pemerintah selanjutnya adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan industri. Kelak ketika pembangunan Meikarta telah dirampungkan, maka hunian ini akan dikelilingi oleh 6 kawasan industri dan sekitar 4.000 perusahaan raksasa nasional maupun internasional. Ini berarti, akan lebih banyak pekerja, staf maupun karyawan kantor yang dapat mengisi jabatannya masing-masing.

Selain itu, di bidang industri, Meikarta juga mendorong pemerintah untuk melakukan pembangunan-pembangunan fasilitas umum diantaranya Kertajati Internasional Airport, Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung, dan berbagai proyek yang sedang dikembangkan oleh Pemerintah.

  • Objek Pajak

Keberadaan Meikarta di Cikarang memang dipastikan akan mendongkrak berbagai kegiatan ekonomi yang pastinya akan berpengaruh pada pendapatan pajak negara.

Tak hanya pajak pusat, Gatot Purnomo (Kabid Bapenda Bekasi) juga menyampaikan pendapatan pajak daerah juga akan terbantu dengan adanya Meikarta. Misalnya dengan pajak rumah makan, pajak iklan dan lain-lain.

  • Bantu Urai Kemacetan Jakarta

Meikarta yang dilengkapi berbagai fasilitas transportasi baik udara maupun darat tentu akan memberikan manfaat bagi pemerintah. Terutama dalam mengurangi kepadatan transportasi di Jakarta.

Di sekitar kawasan Meikarta rencananya memang akan dibangun jalan tol Jakarta-Cikarang dan fasilitas transportasi lain yang akan semakin mempermudah mobilitas Anda.

Dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut, diharapkan arus urbanisasi tak hanya berpusat di Jakarta. Tapi dapat dibagi secara merata ke kota-kota besar lainnya.

Manfaat Meikarta bagi pemerintah memang tak perlu diragukan lagi. Proyek mega besar ini juga membuat investas-investasi asing masuk ke Indonesia yang tentu akan membantu pemerintah dalam mengumpulkan pundi-pundi negara dalam jumlah besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *