Jual - Beli - Sewa

Selamat datang, Kami siap membantu

Menu

Desa Sukadami Cikarang Selatan, Bekasi


4.8
(6)

Desa Sukadami Cikarang merupakan salah satu desa di Kecamatan Cikarang selatan yang memiliki jumlah penduduk terbanyak. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap tentang sejarah, batas wilayah, kondisi dan potensi alam, pemerintahan, penduduk dan informasi lainnya.

Tentang Desa Sukadami Cikarang

Desa Sukadami merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Cikarang Selatan yang masuk dalam Kabupaten Bekasi, Jabar.

Desa Sukadami Cikarang Selatan, Bekasi

Desa Sukadami memiliki ketinggian 41 meter di atas permukaan laut, suhu rata-rata harian sekitar 32-33 derajat celcius pada siang hari dan suhu rata-rata pada malam hari adalah 24 derajat celcius.

Asal nama Sukadami berasal dari 2 kata dalam bahasa Sunda, yaitu kata Suka yang memiliki arti senang atau suka dan kata Dami yang berasal dari kata Badami memiliki arti musyawarah. Jadi arti dari desa Sukadami adalah senang bermusyawarah.

Sejarah

Kemudian kita akan membahas tentang sejarah Desa Sukadami Cikarang. Desa Sukadami telah mengalami beberapa kali pemekaran, pertama di tahun 1974 sampai 1984 mengalami pemekaran menjadi 2 desa. Yaitu Desa Sukasejati dan Desa Sukadami.

Kemudian pada tahun 1984 kembali melakukan pemekaran menjadi 2 desa, yaitu Desa Serang dan Desa Sukadami. Sedangkan Desa Sukasejati mengalami pemekaran juga menjadi 2 desa yaitu Desa Ciantra dan Desa Sukasejati.

Jadi berdasarkan sejarahnya, Desa Sukadami awalnya memiliki cakupan wilayah yang sangat luas. Karena terdiri dari Desa Ciantra, Desa Serang, Desa Sukasejati dan Desa Sukadami. Sebelumnya, Desa Sukadami adalah bagian dari wilayah Kecamatan Serang tetapi karena ada perubahan pembagian wilayah di Kabupaten Bekasi. Karena adanya pembentukan kota Cikarang, maka Desa Sukadami masuk dalam wilayah Cikarang Selatan.

Batas Wilayah Desa Sukadami

Untuk saat ini Desa Sukadami memiliki beberapa batas wilayah seperti di bagian utara berbatasan dengan desa Sukaresmi dan desa Ciantra. Pada bagian timur berbatasan dengan Desa Cicau dan Desa Serang. Sedangkan bagian selatan berbatasan dengan Desa Sukasari dan pada bagian barat berbatasan dengan Desa Jayasampurna dan Desa Ciantra.

Kondisi dan Potensi Alam Desa Sukadami

Desa Sukadami mempunyai kondisi topografi dengan kondisi tanah yang datar dan sedikit berbukit di sekitar kampung Serang Kolot. Wilayah desa dialiri oleh Sungai Cikadu dan beberapa anak aliran sungai seperti Sungai Cikadueun dan beberapa danau/jegjreg atau empang. Tetapi kebanyakan danau tersebut saat ini masih belum dimanfaatkan oleh masyarakat. Saat ini hanya digunakan untuk tempat menampung air, dan belum ada pengelolaan tingkat lanjut seperti tempat wisata atau peternakan ikan ataupun lainnya.

Potensi alam yang ada di Desa Sukadami adalah adanya perkebunan buah rambutan. Kebun Raburan banyak ditemukan di wilayah desa Sukadami. Setiap musim rambutan tiba, banyak masyarakatnya yang menjual hasil kebun di pinggir jalan.

Selain itu, desa Sukadami juga telah digalakan peternakan ikan lele yang berada di kawasan perumahan seperti di Taman Cikarang Indah 3 (TCI 3) dan perumahan Graha Sukadami. Peternakan yang ada di perumahan TCI 3 sudah pernah melakukan beberapa pali panen raya.

Pemerintahan Desa

Desa Sukadami Cikarang terbagi menjadi 3 dusun, yaitu Dusun I terdiri dari Kebonkopi sampai Nagrak, Dusun II terdiri dari Cijambe sampai Gempol, dan Dusun III terdiri dari Cijambe Kaler, Serang, dan Kandangroda. Dari 3 dusun ini terdapat 21 RW dan 109 RT yang tersebar di beberapa kampung seperti :

  • Kampung Gempol
  • Kampung Cijambe
  • Kampung Kebonkopi
  • Kampung Kandangroda
  • Kampung Serang Kolot
  • Kampung Nagrak
  • Kampung Serang Kota
  • Kampung Serang Kongsi
  • Dan beberapa kawasan perumahan yang ada di Desa Sukadami

Desa Sukadami dipimpin oleh Kepala Desa, tetapi masyarakat setempat lebih sering menyebutnya sebagai Lurah. Kantor Kepala Desa Sukadami saat ini berolokasi di Jalan Raya Serang-Cibarusah ( lokasinya dekat dengan Puskesmas Sukadami dan Pasar Serang).

Penduduk

Penduduk asli desa sukadami awalnya adalah masyarakat berasal dari Sunda. Tetapi karena berkembangnya kawasan industri di sekitar Desa Sukadami dan Cikarang. Membuat penduduk yang tinggal di desa Sukadami terdiri dari suku Sunda, Jawa, Batak, Betawi, Minang dan suku lainnya.

Perumahan di Desa Sukadami

Di wilayah Desa Sukadami memiliki beberapa perumahan, seperti :

  • Perumahan Graha Sukadami / Perumahan Pemda
  • Perumahan Asri Pratama
  • Perumahan Bukit Indah Pratama
  • Griya Persada Indah
  • Bumi Cikarang Makmur
  • Perumahan Griya Sukadami
  • Pondok Indah Gempol 1 – 2 – 3
  • Perumahan Puri Cijambe
  • Wahana Cikarang
  • Dan Perumahan Teras Cikarang Residence 2

Fasilitas Pendidikan dan Kesehatan

Untuk faslitas pendidikan dan kesehatan yang ada di Desa Sukadami Cikarang juga lengkap. Fasilitas Pendidikan ada TK, SD, SMP, SMA Negeri dan Pondok Pesanteren.

Sedangkan untuk fasilitas kesehatan terdapat 2 poliklinik, 3 praktek dokter, 11 praktik bidan, 7 apotek, dan 1 Puskesmas. Sedangkan untuk rumah sakit ada RS. Amanda di Desa Serang.

Apakah anda suka dengan ini?

Klik bintang untuk memberikan rating!

Listing Properti Jual - Sewa

Price 3.000.000/m
Kategori: Industrial
Type Unit : Lahan Industri
Luas : 4 Hektare
Price 3.000.000/m
Kategori: Industrial
Type Unit : Lahan Industri
Luas : 1 Hektare
Price 5jt/meter
Kategori: Komersial
Type Unit : Tanah Kavling
Luas : 2 Hektare
Price 4jt/meter
Kategori: Komersial
Type Unit : Tanah Kavling
Luas : 8.657 m2
Price 2,7jt/meter
Kategori: Industrial
Type Unit : Lahan Industri
Luas : 9 Hektare
Price 2,75jt/meter
Kategori: Industrial
Type Unit : Lahan Industri
Luas : 9.220 m2