Jual - Beli - Sewa

Selamat datang, Kami siap membantu

Menu

Tips Desain Sekolah TK Yang Menyenangkan


4.3
(6)

Membangun karakter anak yang mandiri tak cukup kalau hanya orangtua yang melakukannya di lingkungan rumah. Dalam hal ini butuh media khusus untuk membantu perkembangan pola pikir anak. Mencakup tempat bermain, belajar, serta berinteraksi dengan teman dan lingkungan sekitarnya. Media khusus untuk mendapatkan beberapa hal tersebut yang paling ideal adalah sekolah TK. Berharap desain ruangan sekolah TK yang menyenangkan menjadi ‘rumah kedua’ bagi anak yang mana tempat ini anak-anak lebih mendapat pelajaran bagaimana menjadi anak yang berkarakter, berani, percaya diri, sekaligus mengenal norma-norma agama.

Desain Ruangan Sekolah TK Modern Yang Menyenangkan

TK atau taman kanak-kanak juga media pembelajaran ketika seorang anak sedang membutuhkan pembinaan mental dan spiritual. Selain gemblengan kemandirian, secara garis besar pendidikan di sekolah TK merupakan pondasi. Pembentukan awal kemampuan anak dalam mengasah ketrampilan sekaligus mengenal berbagai hal. Seperti sifat alamiah seorang anak, semua anak yang bersekolah di TK cenderung menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bermain. Untuk mendapatkan fasilitas bermain anak, desain arsitektur sekolah TK mencakup desain interior dan eksteriornya harus mengacu pada karakter dan sifat anak. Yang mana mereka lebih suka bermain. Hal ini sangat penting untuk mendukung kegiatan belajar anak tanpa harus mengabaikan apa yang mereka sukai.

Aplikasi Warna Cerah

Desain sekolah TK yang menyenangkan tidak hanya terbatas pada desain arsitekturnya saja. Yang penting untuk kita ketahui, proses belajar mengajar di sekolah TK melibatkan lebih dari 90 persen anak-anak. Sementara dalam kesehariannya anak-anak mayoritas menyukai warna-warna cerah yang mewakili karakter mereka sebagi figur yang penuh keceriaan. Jadi desain ruangan sekolah TK juga harus memprioritaskan aplikasi warna yang tepat sehingga proses belajar mengajar berlangsung lebih nyaman dalam suasana penuh keceriaan. Salah satu aplikasi warna yang penting untuk sekolah TK adalah pemilihan warna furnitur dan tema ruangan. Sebaiknya untuk tema ruangan dan furnitur menggunakan kombinasi warna cerah yang senada. Selain menciptakan suasana lebih ceria, pengaplikasian lebih dari satu warna cerah dalam ruang kelas tujuannya untuk menambah motivasi anak supaya lebih giat belajar. Perpaduan warna-warna cerah yang unik tentu membuat anak lebih bersemangat dan aktif dalam belajar dan bermain.

Tips Desain Ruangan Sekolah TK Modern Yang Menyenangkan

Area Yang Luas

Seperti yang telah kita bahas, bermain tidak lepas dari keseharian anak, untuk itu area sekolah TK wajib memiliki area yang luas. Hal ini bertujuan agar sisa lahan bangunan bisa bermanfaat untuk halaman, taman atau area bermain. Fasilitas pendukung seperti ayunan, lapangan sepak bola mini, perosotan, dan fasilitas bermain anak lainnya juga harus tersedia di sekolah TK. Sisa area yang cukup luas juga bisa kita buat untuk membuat pagar. Untuk desain pagar sendiri sebaiknya didesain lebih tinggi, minimal anak-anak tidak bisa menjangkau ketinggiannya. Dengan demikian keamanan anak-anak saat bermain bisa lebih terjamin. Bagian dinding luar ruangan dapat kita pasang gambar-gambar atau beberapa lukisan yang ada kaitannya dengan dunia pendidikan, contohnya gambar tokoh-tokoh dunia, gambar pahlawan, gambar hewan, atau buah-buahan.

Furnitur, Sirkulasi Udara dan Pencahayaan

Faktor keamanan memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap kenyamanan anak ketika belajar dalam kelas. Untuk itu media belajar dalam kelas sebaiknya pilih dari bahan yang tidak berbahaya atau minimal modelnya tidak membahayakan anak, contohnya meja atau kursi yang sudutnya terlalu tajam sehingga beresiko melukai anak-anak. Untuk fasilitas dalam ruangan seperti meja, kursi, rak buku, atau furnitur lain, sebaiknya hanya sediakan sesuai kapasitas anak-anak. Desain plafon dalam ruang kelas juga perlu mendapat perhatian khusus. Idealnya plafon sekolah TK memiliki desain dengan sedikit diberi celah untuk mempermudah cahaya masuk dalam ruangan sehingga ruangan tidak terkesan gelap. Untuk luar ruangan sebaiknya beikan tempat duduk atau bangku memanjang. Fasilitas bangku ini bisa berguna untuk orangtua murid saat menunggu anak.

Hal terpenting dari desain ruangan sekolah TK yang menyenangkan adalah struktur dari sekolah itu sendiri, yang mana harus pihak sekolah yang menemukannya. Cara bagaimana menciptakan desain ruangan yang memberi kenyamanan bagi anak-anak. Desain ruangan sekolah TK memang tidak bisa kita samakan dengan desain sekolah yang levelnya lebih tinggi, misalnya SD atau SMP. Khusus sekolah Tk perlu desain khusus yang mana harus ada keseimbangan fasilitas untuk bermain dan untuk belajar.

Apakah anda suka dengan ini?

Klik bintang untuk memberikan rating!

Listing Properti Jual - Sewa

Price 3.000.000/m
Kategori: Industrial
Type Unit : Lahan Industri
Luas : 4 Hektare
Price 3.000.000/m
Kategori: Industrial
Type Unit : Lahan Industri
Luas : 1 Hektare
Price 5jt/meter
Kategori: Komersial
Type Unit : Tanah Kavling
Luas : 2 Hektare
Price 4jt/meter
Kategori: Komersial
Type Unit : Tanah Kavling
Luas : 8.657 m2
Price 2,7jt/meter
Kategori: Industrial
Type Unit : Lahan Industri
Luas : 9 Hektare
Price 2,75jt/meter
Kategori: Industrial
Type Unit : Lahan Industri
Luas : 9.220 m2