Area Cikarang & Sekitarnya

Selamat datang, Kami siap membantu

Menu

Kelebihan dan Kekurangan Smart City Bagi Kehidupan Manusia?

5
(1)

Teknologi yang dikembangkan untuk menciptakan apa yang disebut “Smart City” dapat membuat kota lebih efektif dan efisien dalam penggunaan sumber daya, yang diperlukan mengingat proyeksi pertumbuhan cepat populasi perkotaan selama beberapa dekade mendatang, berikut ini artikel mengenai Kelebihan dan Kekurangan Smart City itu sendiri.

Sementara definisi kota pintar terus berkembang, beberapa hal menjadi lebih jelas: kota pintar memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan tingkat layanan, kesejahteraan warga, keberlanjutan dan pembangunan ekonomi.

Sekitar dua pertiga kota terbesar di dunia telah berinvestasi dalam teknologi dan banyak kota lainnya sedang mempertimbangkan penerapannya.  Peningkatan pendanaan federal dan kemitraan yang kuat antara pemerintah kota dan perusahaan teknologi sektor swasta akan semakin mengkonsolidasikan realitas kota pintar di tahun-tahun mendatang.

Bagaimana Rasanya tinggal Di Smart City?

Ada banyak manfaat praktis dan ekonomi di kota pintar dan teknologi pintar.  Namun, meskipun tampaknya hanya ada keuntungan bagi masyarakat dan lingkungan, kita tidak bisa melupakan beberapa hal yang mungkin terlihat baik sekarang, tetapi bisa menjadi ketidaknyamanan dalam jangka panjang dan sebaliknya.  Ini adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan:

Kelebihan dan Kekurangan Smart City

Kelebihan dan kekurangan smart city, Kelebihan:

  • Membuat keputusan yang lebih efektif dan berbasis data:

Strategi analisis data yang dirancang dengan baik memberi pejabat kota kemampuan untuk mengakses dan menganalisis sejumlah besar data, dan memperoleh informasi yang bermakna dan berguna.  Ketika sebuah kota dapat memantau metrik yang diinginkan secara real-time, tingkat layanan meningkat dengan cepat. Ini merupakan salah satu keuntungan Smart City yang terbaik.

  • Layanan transportasi yang lebih baik:

Sistem transportasi terkoneksi memiliki salah satu potensi terbesar untuk meningkatkan efisiensi secara drastis di seluruh kota.  Dari manajemen lalu lintas yang lebih baik hingga kemampuan untuk melacak lokasi bus dan kereta api, teknologi pintar memungkinkan kota untuk melayani warganya dengan lebih baik meskipun populasinya sering tumbuh dengan cepat.

  • Komunitas yang lebih aman:

Kota pintar adalah kota yang lebih aman.  Memanfaatkan kemajuan teknologi dan mencari kemitraan swasta / publik membantu mengurangi aktivitas kriminal.  Teknologi seperti pengenalan pelat nomor, detektor penembakan, pusat kejahatan yang terhubung, generasi berikutnya dari sistem telepon darurat 911 dan kamera badan memberikan keuntungan kepada otoritas polisi saat mereka bekerja.

  • Pelayanan publik yang efisien:

Dengan ketersediaan sumber daya alam yang terbatas untuk memenuhi permintaan manusia, teknologi pintar memberi kota alat yang diperlukan untuk secara efektif melestarikan dan mengurangi limbah air dan listrik yang tidak disengaja.

  • Pengurangan jejak lingkungan:

Bangunan hemat energi, sensor kualitas udara, dan sumber energi terbarukan memberi kota alat baru untuk mengurangi dampak ekologisnya.

  • Peningkatan ekuitas digital:

Untuk memastikan ekuitas digital, masyarakat harus memiliki akses ke layanan internet berkecepatan tinggi dan perangkat yang terjangkau.  Penerapan tempat akses Wi-Fi publik yang berlokasi strategis di seluruh kota dapat menawarkan layanan internet yang dapat diandalkan untuk semua penduduk.

  • Peluang pembangunan ekonomi baru:

Investasi di kota pintar memainkan peran yang semakin penting dalam meningkatkan daya saing kota regional dan global, untuk menarik penduduk dan bisnis baru.  Selain itu, dengan menyediakan platform data terbuka dengan akses ke informasi kota, perusahaan dapat membuat keputusan yang tepat melalui analisis data dari teknologi terintegrasi kota pintar.

  • Perbaikan infrastruktur:

Jalan, jembatan dan bangunan tua seringkali membutuhkan investasi besar-besaran untuk dirawat dan diperbaiki selama masa manfaatnya.  Teknologi pintar dapat menyediakan kota dengan laporan analitik prediktif untuk mengidentifikasi area yang perlu diselesaikan sebelum terjadi kegagalan infrastruktur.

 Kekurangan kota pintar

  • Privasi yang sangat terbatas:

Penggunaan kamera keamanan dan sistem cerdas yang terhubung melalui semua ruang berbeda membuatnya lebih sulit untuk mempertahankan anonimitas.  Teknologi seperti pengenalan wajah secara drastis mengubah konsep privasi pribadi.

  • Kontrol sosial:

Kemampuan untuk melacak dan memusatkan data memberikan kekuatan besar bagi orang yang menangani informasi.  Baik itu lembaga pemerintah atau swasta, siapa pun yang memiliki akses ke data warga negara dapat mengontrol, menakut-nakuti, dan mencoba memanipulasi opini publik.

  • Kepercayaan jaringan berlebih:

Dengan mengandalkan hampir seluruhnya pada elektronik dan jaringan, kota kehilangan otonomi dalam pengambilan keputusan dan bisa menjadi tidak kompeten untuk bereaksi atau bertindak dalam skenario di mana alat ini tidak tersedia.

Itu dia!  Investasi yang bertarget dan leverage dengan baik menghasilkan banyak hasil dan banyak peluang.  Ada lima alasan untuk menempuh jalur ini dan membangun kota pintar:

 1) Kepuasan masyarakat

Hasil terbaik adalah kepuasan masyarakat, baik karyawan maupun populasi.  Hasilnya datang dengan cepat saat pekerjaan memotivasi.  Karyawan yang puas membantu, mengembangkan, dan melakukan upaya yang lebih besar untuk mengatasi tantangan.  Teknologi membuatnya lebih mudah dan menciptakan banyak penggemar.  Dan warga merasakan hasilnya, memiliki akses yang mudah, tanpa birokrasi dan banyak kelincahan.

2) Lebih banyak partisipasi masyarakat sipil

Basis teknologi baru memungkinkan akses cepat, menarik semakin banyak warga yang tertarik pada kelincahan dan fasilitas kerja.  Akses ke informasi, dari rumah atau kantor, menarik semakin banyak profesional, yang memiliki berbagai macam peta dan data untuk meningkatkan dan merampingkan proyek.  Masyarakat berinteraksi dengan pemerintah dan meningkatkan hasil secara keseluruhan.  Penting juga untuk menghargai keadilan pajak, membangun yang terbaik untuk kota dan masyarakat.

3) Kelincahan dan debirokratisasi

Komputerisasi menghasilkan keandalan dan kecepatan.  Sistem geoprocessing menghadirkan banyak informasi, membantu administrasi publik itu sendiri, serta warga negara dan profesional.

4) Hasil diukur dengan menggunakan indikator

Dari basis geoprocessing, administrasi publik memperoleh sekumpulan informasi yang memungkinkan peningkatan indikator di area yang paling beragam.  Angka-angka ini memandu dan membantu pengambilan keputusan, melindungi kota, memberikan ramalan pertumbuhan, membenarkan dan menarik investasi.

5) Keberlanjutan

Kota untuk saat ini dan untuk masa depan.  Kota yang melihat ke depan dan menemukan kembali dirinya berdasarkan informasi.  Kota yang melaksanakan perpajakan dan keadilan sosial dengan menghasilkan sumber daya melestarikan dirinya sendiri dan membawa masa depan yang lebih baik bagi setiap warganya.

Bagaimana selanjutnya untuk kota pintar?

Kota pintar baru saja mulai mendapatkan pengakuan atas manfaatnya yang tak terhitung jumlahnya dan merupakan investasi masa depan untuk memaksimalkan efisiensi, keberlanjutan, dan meningkatkan kondisi kehidupan warga yang menghuninya.

Seiring dunia interkonektivitas berkembang dari hari ke hari, tidak ada pilihan lain selain merangkulnya dan mencoba mengikuti acara untuk menjamin bahwa manfaat dari seluruh dunia juga dapat dilihat di komunitas lokal kami.

Dari smartphone hingga sistem efisiensi energi dan gedung pintar, dunia menjadi lebih pintar dan warganya perlu mengikutinya.  Kota perlu menarik talenta terbaik untuk menjadi kota pintar sejati yang memiliki pembeda yang menarik.

Bagaimanapun, ini adalah perlombaan menuju modernisasi, di mana sumber daya alam tidak lagi menjadi masalah, tetapi kapasitas untuk inovasi dan penggunaan bakat manusia yang luar biasa untuk menciptakan teknologi masa depan.  Jika menurut Anda artikel ini menarik, beri tahu kami, menurut Anda bagaimana tinggal di kota pintar akan memengaruhi hidup Anda?

Apakah anda suka dengan ini?

Klik bintang untuk memberikan rating!

Listing Property Terbaru

Price: 35 Miliar
Luas : 11.000 m2
Type Unit : Pabrik
Level Lantai : 2 Lantai
Price: 21.1 Miliar
Luas : 3.038 m2
Type Unit : Pabrik
Level Lantai : 2 Lantai
Price: 55 Miliar
Luas : 10.000 m2
Type Unit : Gudang
Level Lantai : 3 Lantai
Price: 4,6 Miliar
Luas : 564 m2
Type Unit : Gudang
Level Lantai : 2 Lantai
Price: 55 Miliar
Luas : 9.000 Ha
Type Unit : Gudang
Level Lantai : 2 Lantai
For Rent
Price: 650.000.000
Luas : 1.350 m2
Type Unit : Gudang
Level Lantai : 2 Lantai