Jual - Beli - Sewa

Selamat datang, Kami siap membantu

Menu

Keuntungan Dan Kerugian Berinvestasi Ruko Dengan Desain Bertingkat


4.5
(6)

Tak hanya sebagai solusi terbatasnya lahan atau mahalnya harga tanah. Namun rumah yang berdiri dengan struktur bertingkat bisa mendatangkan keuntungan jika kita gunakan sebagai sarana berbisnis, misalnya untuk ruko. Tentu saja ada beberapa keuntungan dan kerugian berinvestasi ruko dengan desain bertingkat ini. Mengingat bangunan yang seharusnya khusus hunian harus menjadi bangunan multi fungsi. Untuk mengantisipasi kemungkinan penghuni rumah mengalami kejenuhan karena ruang gerak yang terbatas, tentu butuh cara tersendiri terkait desain ruangan agar tetap merasa nyaman tinggal di dalamnya, dan apa sajakah keuntungan dan kerugian investasi properti jenis ruko dengan bangunan 2 lantai ini ?

Keuntungan Dan Kerugian Investasi Properti Ruko 2 Lantai

Seperti yang kita ketahui, minimnya lahan di perkotaan kadang membuat kita bingung untuk mendapatkan hunian yang luas. Satu-satunya solusi adalah mengembangkan konstruksi rumah menjadi hunian vertikal atau rumah bertingkat. Dengan begitu kita tidak lagi kesulitan mendapatkan hunian yang luas. Lengkap dengan ruangan-ruangan baku untuk mengakomodasi kebutuhan setiap anggota keluarga. Nah, ketika rumah yang memiliki desain bertingkat tersebut terdapat beberapa ruangan kosong atau bahkan salah satu lantai tidak fungsi sama sekali, adalah ide yang bijaksana apabila salah satu lantai yang tidak terpakai tersebut kita gunakan untuk membuka usaha atau jadi ruko, karena kalau tidak maka hal semacam inilah yang sering kali menjadi faktor kerugian dari sisi investasi (keuntungan dan kerugian investasi properti).

Keuntungan Desain Ruko Bertingkat

Hunian dua lantai jika salah satunya jadi ruko memang kemungkinan besar mendatangkan banyak keuntungan. Selain kita sudah memiliki penghasilan tetap, kita masih mendapatkan penghasilan tambahan dari usaha ruko tersebut. Secara umum pembagian rumah dua lantai terbagi menjadi dua fungsi. Yaitu untuk lantai 1 untuk ruko sedangkan lantai 2 berguna sebagai hunian tetap seluruh penghuni rumah.

Salah satu keuntungan paling nyata dari lantai bawah ini ialah penghuni dapat meng-handle bisnis dari dalam rumah sendiri. Dalam hal ini kita tidak membutuhkan bangunan atau kantor khusus untuk menjalankan bisnis. Selain itu kita juga dapat melakukan penghematan dalam masalah biaya. Mengapa? Karena bisnis ruko seperti ini biasanya dapat ditangani oleh semua anggota keluarga sehingga kita tidak mebutuhkan karyawan untuk membantu mengelolanya. Jadi jika harus membandingkan antara keuntungan dan kerugian berinvestasi ruko dengan desain minimalis bertingkat ini tentu lebih banyak keuntungannya.

Inilah Keuntungan Dan Kerugian Investasi Properti Ruko 2 Lantai

Satu hal yang perlu kita cermati dari ruko bangunan 2 lantai adalah masalah desain ruko itu sendiri. Artinya ruko perlu memiliki desain seunik mungkin untuk menarik animo pengunjung. Desain ruko sebenarnya tergantung dari apa yang kita jual di ruko tersebut, apakah perlengkapan pakaian atau kebutuhan pokok sehari-hari. Untuk meletakkan produk-produk yang kita jual tentu kita membutuhkan rak. Nah desain rak sendiri sebaiknya pilih yang tidak terlalu tinggi, artinya ketinggian rak sebaiknya masih dapat terjangkau oleh tangan konsumen. Pisahkan produk yang kita jual menurut jenisnya. Dan ada satu hal yang tidak boleh lupa, yakni tempelkan harga pas pada produk yang anda jual. Sehingga konsumen tidak perlu lagi bertanya masalah harga produk tersebut. Untuk kenyamanan pengunjung ada baiknya kita pasang AC agar ruangan tetap terasa sejuk meski padat pengunjung.

Kerugian Desain Ruko Bertingkat

Bisa kita bilang tidak ada kerugain sama sekali dari desain ruko bertingkat. Kalaupun ada itu hanya sedikit sekali dan mudah untuk mengatasinya. Seperti uraian awal tulisan ini, masalah yang sering timbul jika salah satu lantai memiliki fungsi ruko adalah ruang gerak penghuni rumah menjadi terbatas. Hal ini wajar karena lantai 1 yang seharusnya berfungsi sebagai tempat tinggal utama harus beralih fungsi menjadi tempat usaha.

Untuk mengatasi perihal yang timbul baik keuntungan dan kerugian investasi properti khususnya roko. Maka masalah seperti ini satu-satunya cara ialah memaksimalkan semua fungsi ruang pada lantai 2. Jika ada salah satu ruang yang tidak berfungsi dilantai 2 sebaiknya kita bongkar menjadi ruangan yang memang dibutuhkan, misalnya kamar tidur. Dengan begitu salah satu kebutuhan penghuni rumah bisa terpenuhi. Satu hal lagi, mungkin karena terlalu sibuk mengelola usaha ruko komunikasi antar anggota keluarga menjadi berkurang. Untuk mengurangi kejenuhan sebaiknya dibuat acara keluarga seminggu sekali, entah itu makan bersama, berlibur, atau aktivitas lain lain yang sifatnya mempererat keharmonisan antar penghuni rumah. Tidak masalah jika bisnis ruko tutup total dalam satu hari, yang penting hubungan dan komunikasi antar penghuni rumah tetap terjaga sehingga ada keseimbangan anatara urusan bisnis dan keluarga. Demikian sedikit uraian tentang keuntungan dan kerugian investasi properti khusunya untuk kategory ruko dengan desain bertingkat. Semoga memberi banyak manfaat.

Apakah anda suka dengan ini?

Klik bintang untuk memberikan rating!

Listing Properti Jual - Sewa

Price 3.000.000/m
Kategori: Industrial
Type Unit : Lahan Industri
Luas : 4 Hektare
Price 3.000.000/m
Kategori: Industrial
Type Unit : Lahan Industri
Luas : 1 Hektare
Price 5jt/meter
Kategori: Komersial
Type Unit : Tanah Kavling
Luas : 2 Hektare
Price 4jt/meter
Kategori: Komersial
Type Unit : Tanah Kavling
Luas : 8.657 m2
Price 2,7jt/meter
Kategori: Industrial
Type Unit : Lahan Industri
Luas : 9 Hektare
Price 2,75jt/meter
Kategori: Industrial
Type Unit : Lahan Industri
Luas : 9.220 m2