Jual - Beli - Sewa

Selamat datang, Kami siap membantu

Menu

Tips Memilih Genteng Yang Baik Dan Berkualitas


4.6
(5)

Atap adalah bagian paling penting yang melindungi seluruh isi rumah. Salah satu jenis atap yang paling banyak digunakan masyarakat adalah genteng. Dengan memilih genteng berkualitas baik serta desain genteng yang cantik maka rumah pasti bukan hanya saja indah dan enak terlihat. Melainkan memiliki ketahanan/keawetan pada bagian atap. Untuk rumah berukuran besar genteng bisa menjadi simbol kemegahan. Namun terlepas dari semua itu, fungsi utama genteng adalah melindungi konstruksi rumah mulai bagian pondasi hingga atap dari panas matahari dan hujan. Jadi selain terlihat dari unsur keindahannya genteng harus terbuat dari bahan berkualitas yang awet dan tahan lama. Hal ini tentu saja berkaitan dengan umur pakai genteng itu sendiri yang mana genteng yang kualitasnya buruk tentu mudah bocor. Kondisi tersebut akan sangat merugikan sebab kita harus mengeluarkan biaya lagi untuk mendapatkan tipe genteng yang baru.

Cara Memilih Genteng Berkualitas Baik, Begini Caranya

Penggunaan Atap Genteng di Indonesia

Atap genteng adalah jenis atap yang paling banyak digunakan di kawasan Asia termasuk Indonesia. Desain genteng memiliki sifat yang unik yang sesuai untuk daerah tropis, sebab jenis atap ini mampu menyerap panas dan sebaliknya memantulkan cahaya sehingga kestabilan udara dalam rumah tetap terjaga. Genteng yang kualitasnya baik juga cenderung kebal terhadap perubahan cuaca, artinya ia tidak mengalami perubahan bentuk meski terkena terpaan panas dan hujan. Kualitas atap genteng berbeda jauh dengan atap seng yang sifatnya mudah memuai jika terkena paparan sinar matahari terus menerus.

Perlu kita ketahui baik atau buruknya kwalitas genteng akan mempengaruhi bagian rumah lain terutama yang ada di bawahnya. Intinya genteng berkualitas baik akan melindungi bagian rumah dengan sempurna, begitu pula sebaliknya genteng yang kualitasnya buruk akan membuat bagian rumah lain bermasalah. Ciri khas genteng berkualitas buruk biasanya harganya murah namun tidak mampu melindungi rumah dengan baik, tidak awet, dan mudah rusak.

Cara Memilih Genteng Berkualitas Baik

Untuk mendapatkan jenis genteng yang kualitasnya baik perlu melakukan survey sejak awal mendirikan rumah. Artinya sebelum kita benar-benar menjatuhkan pilihan pada jenis genteng tertentu, kita harus memastikan bahwa genteng yang kita pilih benar-benar berkualitas baik sehingga nantinya tercipta desain genteng yang oke pada rumah kita. Memilih genteng berkualitas memang gampang-gampang susah. Gampang karena genteng adalah benda yang nyata, bisa lihat, dan dipegang sehingga dengan hanya memperhatikan sekilas saja kita sudah bisa menyimpulkan baik buruk kualitas genteng tersebut. Susah karena biasanya kita membutuhkan genteng dalam jumlah besar bahkan mencapai puluhan ribu. Jadi butuh waktu lama untuk memilihnya satu persatu.

Untuk memastikan kwalitas genteng yang kita pilih ada beberapa cara yang harus kita lakukan seperti berikut ini.

Memilih Genteng Berkualitas Baik, Begini Caranya Milih Genteng

Cara Menguji Kualitas Genteng

  • Kwalitas genteng bisa kita uji dari bunyinya, memilih genteng berkualitas bisa dengan cara sesederhana ini. Coba kita ketuk genteng menggunakan jari, jika terdengar suaranya nyaring maka genteng tersebut kualitasnya baik. Namun jika suaranya kurang nyaring bisa jadi genteng tersebut terbuat dari bahan yang kualitasnya buruk.
  • Cara menguji kualitas genteng berikutnya adalah dengan meletakkan genteng dalam posisi miring, setelah itu siram dengan air pada permukaannya berulang kali. Jika bagian bawahnya tidak bocor maka genteng tersebut kualitasnya baik, begitu juga sebaliknya.
  • Genteng berkualitas tinggi selalu nampak mulus dan mengkilat. Pada permukaannya terlihat halus dan tidak terdapat retakan sedikit Adanya retakan meskipun sangat sedikit akan membuat air mudah merembes sehingga lama kelamaan bisa mengakibatkan kebocoran.
  • Kwalitas genteng yang baik juga terletak pada kekuatannya. Untuk menguji kekuatan genteng kita tidak perlu membanting atau menggunakan cara-cara ekstrim. Cukup kita uji dengan menumpuk beberapa genteng hingga mencapai beberapa tingkat. Jika genteng-genteng tersebut tidak ada yang pecah maka kualitasnya dapat kita pilih. Genteng yang kualitasnya buruk biasanya akan retak sebagian jika ditumpuk, makin tinggi tumpukannya semakin besar jumlah genteng yang retak.

Sebenarnya untuk memilih genteng berkualitas baik dalam jumlah yang banyak kita bisa memilih sampel beberapa genteng secara acak atau lebih spesifiknya kita ambil sampel sebanyak 4 – 5% dari keseluruhan jumlah genteng. Misalnya kita membeli genteng 1000 buah kita bisa menguji 40 – 50 buah yang kita pilih secara acak. Jika jumlah sampel terlalu banyak kita bisa meminta bantuan beberapa orang untuk melakukan pengecekan. Cara ini sangat penting agar nantinya desain genteng yang oke benar-benar bisa kita dapatkan.

Apakah anda suka dengan ini?

Klik bintang untuk memberikan rating!

Listing Properti Jual - Sewa

Price 3.000.000/m
Kategori: Industrial
Type Unit : Lahan Industri
Luas : 4 Hektare
Price 3.000.000/m
Kategori: Industrial
Type Unit : Lahan Industri
Luas : 1 Hektare
Price 5jt/meter
Kategori: Komersial
Type Unit : Tanah Kavling
Luas : 2 Hektare
Price 4jt/meter
Kategori: Komersial
Type Unit : Tanah Kavling
Luas : 8.657 m2
Price 2,7jt/meter
Kategori: Industrial
Type Unit : Lahan Industri
Luas : 9 Hektare
Price 2,75jt/meter
Kategori: Industrial
Type Unit : Lahan Industri
Luas : 9.220 m2