Jual - Beli - Sewa

Selamat datang, Kami siap membantu

Menu

5 Alasan Mengapa Karawang Menjadi Kota Industri


5
(4)

Saat ini mungkin kita mengetahui bahwa Karawang merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal akan kawasan industrinya. Tetapi baru-baru ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang mempunyai target menjadikan Karawang menjadi kota industri. Lalu pasti kamu memiliki pertanyaan mengapa karawang menjadi kota industri?

Karawang Menjadi Target Kota Industri Besar

Berdasarkan informasi yang kami dapat dari Kompas.com, Kepala Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu Kabupaten Karawang, Eka Sanatha mengatakan bahwa Pemkab Karawang telah menyiapkan pegembangan infrastruktur yang terintegrasi dan kemudahan perizinan.

Alasan Mengapa Karawang Menjadi Kota Industri

Jadi dalam FGD Menakar Prospek Properti Karawang Seiring Meningkatnya Realisasi Investasi di Kawasan Industri Terbesar di Asia Tenggara yang terlaksana di Resinda Hotel, di Karawang tanggal 3 agustus 2022 yang lalu. Eka mengatakan bahwa mereka tidak hanya berupaya untuk sekedar menjadikan Karawang menjadi Kawasan Industri tetapi menjadi Kota Industri. Sehingga tidak hanya berisi kawasan industri saja tetapi terdapat fasilitas pendukung seperti hunian dan kawasan bisnis di dalamnya.

Untuk bisa mewujudkan target tersebut, Pemkab Karawang telah mengajak berkolaborasi dengan pengembang properti untuk membangun daerah tersebut jadi sebuah kawasan komersial dan bisnis yang layak huni. Apalagi wilayah karawang juga sangat prospek dan memiliki daya tarik investasi yang kuat.

Mengapa Karawang Menjadi Kota Industri?

Lalu jika kamu masih bertanya tentang mengapa karawang menjadi kota industri? Jawabannya adalah karena :

Telah Memiliki Fasilitas dan Infrastruktur Kelas Dunia

Saat ini karawang telah memiliki fasilitas dan infrastruktur kelas dunia yang membuat akses dari dan menuju ke Karawang jadi lebih mudah. Konektivitas dari dan menuju Karawang telah memiliki dukungan akses Tol Jakarta-Cikampek, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II, Jalan Tol Lingkar Luar II Sentul-Karawang Barat dan Jakarta-Cikampek-Elevated (MBZ).

Selain itu akses Karawang dengan Pelabuhan dan Bandara juga sangat dekat, ada Pelabuhan Patimban dan Pelabuhan Tanjung Priok, serta Bandara Kertajati dan Bandara Soekarno-Hatta. Akses transportasi lainnya ke Karawang bisa menggunakan Kereta Api dari Transit Oriented Development (TOD) Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Stasiun Cikampek dan Stasiun Karawang.

Selain itu Karawang juga memiliki transportasi masal yang telah menghubungkan antar Kecamatan di Karawang ke Rengas Dengklok, Rawa Merta, Cikampek  dan ke Cilamaya. Dengan adanya kemudahan akses ini maka tidak heran jika kawasan Karawang sangat cocok untuk menjadi sebagai Kota Industri.

Merupakan Kawasan Industri dan Pabrik Terbesar di Indonesia

Sampai saat ini berdasarkan data di tahun 2018, Karawang telah memiliki luas lahan sekitar 13.756.358 hektar yang telah berubah menjadi kawasan industri. Ada beberapa kawasan Industri yang terkenal dan populer saat ini yaitu Kawasan Industri Indotaisei, Kawasan Industri Kujang, Kawasan Industri Mandala Putra, Kawasan Industri KIIC, Kawasan Industri KIM, Kawasan KIJE karawang barat, dan juga Kawasan Industri Suryacipta.

Dari beberapa kawasan industri yang ada di Karawang. Terdapat sekitar  1.762 pabrik yang terdiri dari Pabrik swasta, PMA, PMDN dan Joint Venture. Data ini berdasarkan data Disnakertrans Karawang di tahun 2018. Jadi mengapa karawang menjadi kota industri? Jawabannya adalah karena saat ini telah ada banyak kawasan industri dan banyak pabrik yang telah dibangun. Sehingga pemerintah tidak perlu membangun kawasan industri baru yang memakan biaya lebih besar.

Karawang Menjadi Tempat Investasi Yang Menjanjikan

Karawang menjadi tempat investasi yang menjanjikan bagi para investor. Hal ini karena kawasan karawang terdapat banyak perusahaan berbagai sektor industri yang telah ada. Dan sudah ada banyak sarana dan prasarana yang baik untuk menunjang perkembangan perusahaan dengan baik.

Belum lagi seperti yang kami sebut Sebelumnya. Bahwa Karawang sendiri memiliki akses yang lengkap dari jalan tol, pelabuhan, stasiun kereta api dan Bandara. Ditambah lagi di Karawang telah memiliki fasilitas umum yang lengkap seperti rumah sakit, sekolah, dan apartemen.

Mulai Terjalin Kolaborasi Pemkab dan Pengembang Properti

Dan yang terbaru adanya kolaborasi antara PEMKAB Karawang dengan pengembang properti. Developer besar seperti PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) dan PT Summarecon Agung Tbk telah bekerjasama.

PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) Saat ini telah menyediakan fasilitas umum. Dan tidak hanya itu, fasilitas sosial untuk salah satu propertinya yang berada di karawang juga telah ada. Lahan tersebut oleh APLN dibangun untuk kebutuhan Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM).

Mudah Mencari Tenaga Kerja Potensial Di Karawang

Karena Gaji UMR di Karawang merupakan kota dengan gaji terbesar di Indonesia. Sehingga Investor tidak akan bingung mencari pekerja atau tenaga kerja untuk bisa mengoperasikan bisnisnya. Ada sekitar 1,1 juta tenaga kerja potensial di Karawang yang siap untuk mendedikasikan diri untuk bekerja. Tentunya bersama dengan perusahaan pada kawasan industri yang ada di daerah Karawang.

Jadi itulah tadi jawaban dari pertanyaan tentang mengapa karawang menjadi kota industri. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menjawab mengapa Karawang akan menjadi target kota Industri besar di Indonesia.

Apakah anda suka dengan ini?

Klik bintang untuk memberikan rating!

Listing Properti Jual - Sewa

Price 3.000.000/m
Kategori: Industrial
Type Unit : Lahan Industri
Luas : 4 Hektare
Price 3.000.000/m
Kategori: Industrial
Type Unit : Lahan Industri
Luas : 1 Hektare
Price 5jt/meter
Kategori: Komersial
Type Unit : Tanah Kavling
Luas : 2 Hektare
Price 4jt/meter
Kategori: Komersial
Type Unit : Tanah Kavling
Luas : 8.657 m2
Price 2,7jt/meter
Kategori: Industrial
Type Unit : Lahan Industri
Luas : 9 Hektare
Price 2,75jt/meter
Kategori: Industrial
Type Unit : Lahan Industri
Luas : 9.220 m2