Jual - Beli - Sewa

Selamat datang, Kami siap membantu

Menu

Tips Memilih Atap Baja Ringan Berkualitas


4.6
(7)

Sebelum kita membahas lebih detail mengenai tips memilih atap baja ringan. Sebaiknya kita perlu tahu terlebih dulu apa sebenarnya atap baja ringan dan apa fungsinya. Atap baja ringan merupakan material atau plat dari baja yang biasa untuk atap. Baik itu rumah, gedung perkantoran, dan bangunan-bangunan besar sejenisnya. Atap baja ringan sebenarnya adalah material untuk atap sebagai pengganti kayu yang kini semakin langka dan mahal. Apalagi dewasa ini jarang sekali kita dapatkan jenis kayu yang benar-benar berkualitas. Sehingga solusi paling efektif untuk atap rumah adalah perpaduan rangka baja ringan juga baja konvensional.

Inilah tips memilih atap baja ringan

Butuh waktu lama untuk memperkenalkan atap baja ringan sebagai pengganti atap kayu kepada masyarakat luas. Seperti yang kita tahu masayarakat kita cenderung fanatik terhadap material kayu untuk struktur rumah termasuk pembuatan atap. Oleh sebab itu cukup tidak mudah untuk memberi kepercayaan pada masyarakat terkait kelebihan atap dari yang terbuat dari baja. Untuk itu tips memilih atap baja ringan yang kita sajikan ini semoga menjadi gambaran kelebihan menggunakan atap baja.

Dari waktu ke waktu atap baja ringan semakin populer, bahkan penggunaannya cenderung merata mencakup semua jenis bangunan. Hampir semua tipe rumah dari yang sederhana hingga yang paling mewah, dari perkampungan biasa hingga perumahan real estate mayoritas menggunakan rangka atap baja ringan. Selain berguna untuk rangka atap. Material baja ringan ini sering juga digunakan untuk kebutuhan lain yang masih ada hubungannya dengan konstruksi rumah. Jadi antara bagian-bagian struktur rumah, tidak hanya bagian atap saja yang terbuat dari baja ringan, tapi kemungkinan juga bagian-bagian lain.

Baja Ringan untuk Dinding

Tips memilih atap baja ringan yang pertama adalah memberikan opsi, Selain untuk rangka atap, baja ringan kini mulai berkembang untuk pembuatan struktur dinding. Struktur dinding yang kami maksud mencakup struktur permanen bangunan 1 lantai ataupun 2 lantai. Hal ini tentu sangat menguntungkan sebab kita bisa lebih menghemat material bangunan lainnya. Contoh penggunaan baja ringan untuk struktur dinding ini dapat kita lihat pada seluruh bangunan dan pemukiman warga di propinsi Aceh yang kala itu terkena bencana Tsunami.

Jika kita kilas balik ke peristiwa bencana di Aceh waktu itu, semua memang membutuhkan penanggulangan scara cepat dan sistematis. Salah satu bentuk penanggulangan bencana tersebut adalah program bantuan pembangunan secara massal dengan menggunakan bahan konstruksi dari baja ringan. Hasilnya cukup efektif dan terbukti proses pengerjaannya juga jauh lebih cepat. Sebelumnya memang sudah mendapat pertimbangan bahwa salah satu tujuan dari penggunaan baja ringan ini adalah untuk mempercepat proses pengerjaan sebuah bangunan. Dengan begitu para korban yang kehilangan tempat tinggal segera mendapatkan kembali hunian yang layak.

Rangka Atap Pergola dan Rangka Partisi Dinding

Lalu tips memilih atap baja ringan yang kedua Selain untuk struktur dinding, baja ringan juga efektif untuk rangka atap Pergola dan rangka partisi dinding. Pertimbangan pemakaian baja ringan pada Pergola adalah perawatannya jauh lebih mudah dan tidak banyak membutuhkan cat sebab baja ringan memiliki sifat anti karat sehingga tidak perlu pengecatan ulang, dengan begitu maintenance jauh lebih murah. Untuk partisi dinding mungkin jaman dulu orang menggunakan rangka hollo atau dari kayu. Namun rangka dari hollo memiliki kelemahan yaitu mudah berkarat sedangkan kayu mudah rapuh karena rayap. Jadi pilihan baja ringan untuk membuat rangka partisi dinding adalah keputusan paling tepat.

Pilihan Rangka Atap Baja Berkualitas

Selanjutnya tips memilih atap baja ringan berhubungan dengan kwalitas itu sendiri. Beragam fungsi yang bisa kita dapatkan dari baja ringan sedikit banyak mempermudah kita dalam membangun sebuah rumah, paling tidak kita lebih efisien dalam hal biaya dan waktu. Jadi bukan hal yang aneh jika jenis material ini semakin banyak yang cari khususnya oleh kelompok arsitek atau personal sebagai pengganti kayu. Salah satu tips memilih atap baja ringan dapat kita kenali dari bahan baku untuk membuat baja ringan itu sendiri. Umumnya jenis baja ringan yang digunakan untuk rangka atap adalah jenis Galvanis atau Galvalume (Zincalume). Selain proses pengerjaan jauh lebih cepat, Keuntungan penggunaan atap baja ringan jenis Galvanis ini kualitas atap jauh lebih bagus. Dan yang pasti semua bagian yang menggunakan bahan baja ringan akan terbebas dari rayap. Bukankah dengan begitu umur pakai bangunan juga jauh lebih awet?

Tips memilih atap baja ringan

Apakah anda suka dengan ini?

Klik bintang untuk memberikan rating!

Listing Properti Jual - Sewa

Price 3.000.000/m
Kategori: Industrial
Type Unit : Lahan Industri
Luas : 4 Hektare
Price 3.000.000/m
Kategori: Industrial
Type Unit : Lahan Industri
Luas : 1 Hektare
Price 5jt/meter
Kategori: Komersial
Type Unit : Tanah Kavling
Luas : 2 Hektare
Price 4jt/meter
Kategori: Komersial
Type Unit : Tanah Kavling
Luas : 8.657 m2
Price 2,7jt/meter
Kategori: Industrial
Type Unit : Lahan Industri
Luas : 9 Hektare
Price 2,75jt/meter
Kategori: Industrial
Type Unit : Lahan Industri
Luas : 9.220 m2