Jual - Beli - Sewa

Selamat datang, Kami siap membantu

Menu

Tips Menata Kamar Tidur Sempit Minimalis


4.6
(7)

Bagi penghuninya kamar adalah istana pribadi yang perlu memiliki desain sedemikian rupa sehingga nampak indah dan nyaman untuk kita tempati. Mayoritas orang menghabiskan hampir separuh waktunya di kamar tidur entah itu beristirahat, tidur, atau bahkan bekerja. Jadi cukup wajar jika kamar tidur membutuhkan sentuhan desain khusus supaya suasana kamar terlihat rapi, bersih, dan nyaman sehingga betah berlama-lama. Lalu bagaimana jika kamar tidur ukurannya cukup sempit? Apakah konsep minimalis bisa meng-kamuflase kesan sempit tersebut? Untuk menjawab semua itu pada tulisan kali ini kita akan coba membahas tentang berbagi tips menata kamar tidur sempit minimalis agar tetap menjelma menjadi istana kecil yang indah dan nyaman untuk kita tempati.

Banyak yang masih kesulitan bagaimana cara menata kamar tidur sempit minimalis karena pengetahuan tentang desain interior masih sangat minim. Padahal desain untuk kategori kamar minimalis sendiri sebenarnya cukup mudah. Hanya saja mungkin kita agak bingung mau memulai dari mana, atau bagian mana yang terlebih dulu perlu dirubah desainnya. Kelihatannya kasus seperti ini tidak ada efek apapun, namun jika desain yang kita terapkan pada kamar tidur kita yang sempit ternyata salah, maka resikonya kamar akan terasa semakin sempit, berantakan, dan jauh dari standar kenyamanan.

Kamar Tidur Sempit Minimalis Modern, Tips Bagaimana Menata

Keseimbangan Furnitur dan Keterbatasan Ruang

Setiap ruangan dalam rumah yang memiliki desain dengan konsep minimalis tentu tak lepas dari masalah keterbatasan ruang. Dengan sendirinya ada batasan-batasan tertentu terkait dengan pengaplikasian furnitur di ruangan tersebut. Begitu juga dengan kamar tidur minimalis yang identik dengan luasnya yang sempit, butuh keseimbangan antara furnitur dan luas kamar tidur atau dengan kata lain perabot dan furnitur perlu menyesuaikan dengan luas kamar tidur. Dalam hal ini perlu trik khusus terutama permainan warna, aplikasi perabot dan furnitur dan luas kamar tidur itu sendiri.

Jika kita kaji lebih detail sebenarnya penerapan konsep minimalis tidak berarti secara mutlak membatasi kreativitas pemilik kamar untuk mengeksplorasi desain kamar tidur yang kita sukai. Meskipun kamar tidur luasnya terbatas dan terlihat sempit namun dengan kombinasi warna yang tepat berpadu dengan furnitur yang selaras, tidak menutup kemungkinan kamar tidur yang sempit menjadi zona paling nyaman dalam rumah.

Menata Kamar Tidur Sempit Minimalis Modern

Tips Desain Kamar Tidur Minimalis

Lebih dari satu atau bahkan banyak orang yang berbagi tips menata kamar tidur sempit minimalis yang bisa kita dapatkan untuk inspirasi desain kamar tidur kita. Namun sebenarnya konsep minimalis untuk desain kamar tidur sempit tergantung dari selera pemilik kamar. Mungkin tiap-tiap orang mempunyai warna favorit yang berbeda, jadi penerapan warna cat untuk kamar tidur kemungkinan tergantung dari warna favorit mereka. Untuk menata kamar tidur minimalis yang sempit sekaligus menjaga keseimbangan desain baik warna, furnitur, dan luas kamar, tidak ada salahnya kita ikuti tahap penataannya berikut ini:

Batasi Fungsi Kamar

Untuk penataan kamar tidur sempit memang lebih ideal menggunakan konsep minimalis. Agar kamar tidur terasa lebih lapang sebaiknya kita batasi fungsi kamar tidur sesuai kapasitas kamar itu sendiri. Yang kami maksud dalam hal ini adalah semua furnitur dan aksesoris dalam kamar porsinya harus sesuai dengan kebutuhan. Jangan berlebihan.

Seleksi furnitur

Kurang afdol rasanya jika kamar tidur sempit terisi furnitur berjubel apalagi ukurannya cukup besar. Ada baiknya kita kurangi furnitur yang ada, artinya semua perabot yang jarang terpakai kita singkirkan. Jika ada lemari sebaiknya kita gunakan perabot ini untuk menyimpan barang-barang yang sering kita pakai. Posisi lemari juga harus kita perhitungkan. Untuk kamar sempit idealnya lemari berada pada posisi sudut kamar dengan memanfaatkan dua sisi dinding. Dengan begitu space ruang yang tersisa masih cukup luas.

Pilihan Warna

Pilih warna cat yang tepat, aman, dan berkualitas. Untuk kamar tidur sempit sebaiknya kita pilih warna aman yang cenderung netral yaitu putih. Agar tidak terlihat monoton bisa kita tambahkan warna-warna cerah sebagai aksen misalnya pada bingkai foto, lukisan, atau kaligrafi.

Jendela

Yang terakhir adalah jendela. Kamar yang sempit tentu membutuhkan ventilasi udara agar sirkulasi udara dan cahaya berjalan lebih optimal. Hal ini untuk menghindari hawa pengap karena kondisi kamar yang tergolong sempit. Solusi paling ideal untuk ventilasi adalah jendela yang terpasang pada salah satu sisi dinding kamar.

Demikian pembahasan tentang berbagi tips menata kamar tidur sempit minimalis, semoga bermanfaat.

Apakah anda suka dengan ini?

Klik bintang untuk memberikan rating!

Listing Properti Jual - Sewa

Price 3.000.000/m
Kategori: Industrial
Type Unit : Lahan Industri
Luas : 4 Hektare
Price 3.000.000/m
Kategori: Industrial
Type Unit : Lahan Industri
Luas : 1 Hektare
Price 5jt/meter
Kategori: Komersial
Type Unit : Tanah Kavling
Luas : 2 Hektare
Price 4jt/meter
Kategori: Komersial
Type Unit : Tanah Kavling
Luas : 8.657 m2
Price 2,7jt/meter
Kategori: Industrial
Type Unit : Lahan Industri
Luas : 9 Hektare
Price 2,75jt/meter
Kategori: Industrial
Type Unit : Lahan Industri
Luas : 9.220 m2