Jual - Beli - Sewa

Selamat datang, Kami siap membantu

Menu

Sejarah Jababeka, Pengembang Kawasan Industri Terbaik


4.8
(6)

Ketika berbicara tentang Jababeka, pastinya kita akan mengingat tentang kawasan Industri di Cikarang bukan? Tetapi tahukah kamu tentang sejarah Jababeka sampai bisa sesukses dan maju seperti sekarang?

Pada kesempatan kali ini, kami di sini akan membahas sejarah Jababeka dengan lebih lengkap dari detail. Sehingga kita bisa mengetahui bagaimana awal dari berdirinya Jababeka di bangun sampai sekarang.

Sejarah Jababeka, Pengembang Kawasan Industri Terbaik

Inilah Awal Mula Sejarah Jababeka

Ketika membahas tentang Sejarah Jababeka, tentunya tidak terlepas peran dari PT Kawasan Industri Jababeka Tbk. PT Kawasan Industri Jababeka Tbk adalah perusahaan properti yang berlokasi di Bekasi. Perusahaan properti inilah yang mengembangkan Kota Jababeka dengan luas sekitar 5.600 hektar di kawasan Cikarang.

Berdasarkan sejarah Jababeka yang termuat pada halaman wikipedia, Perusahaan ini berdiri pada 12 Januari 1989 dan langsung mulai membangun kawasan industri Jababeka.

Di tahun 1992 perusahaan Jababeka mulai membangun terlebih dahulu kawasan perumahan. Kemudian di tahun 1994, perusahaan PT Kawasan Industri Jababeka Tbk menjadi perusahaan pengembang kawasan industri pertama yang mencatatkan diri di Bursa efek Indonesia.

Setelah tercatat di BEI dn mendapatkan penanaman modal dari masyarakat. Di tahun 1996, perusahaan ini meresmikan lapangan Golf di Kota Jababeka dan mengakuisisi Menara Batavia yang berada di Jakarta.

Selain itu, perusahaan ini juga mengakuisisi lahan seluas 1.000 hektar yang berada di Cilegon, Banten.

Di tahun 2001, perusahaan Jababeka di kota Jababeka meresmikan education Park. Di tahun 2003, mulai membangun CBD di kota Jababeka. Pada tahun 2006, perusahaan Jababeka meresmikan klub eksekutif di Kota Jababeka.

Di tahun 2010, mulai mengoperasikan pelabuhan darat di kota Jababeka cikarang. Pada tahun 2011, perusahaan mengakuisisi lahan seluas 1.500 hektar di kawasan Tanjung Lesung yang ada di Banten.

Pada tahun 2012, perusahaan Jababeka melakukan kerja sama dengan Sembawang Corporation untuk membangun kawasan Industri Kendal yang berada di Jawa Tengah.

Di tahun 2013, melalui PT Bekasi Power, perusahaan Jababeka mulai mengoperasikan PLTGU dengan kapasitas 130 MW untuk kota Jababeka.

Pada tahun 2015, perusahaan Jababeka melakukan peresmian kawasan Industri Kendal.

Di tahun 2022 tepatnya di bulan Mei, perusahaan Jababeka mulai bekerja sama dengan Quest Group asal Amerika Serikat dan Tapestry Companies asal Jepang untuk pengembangan Jababeka Biotech Industrial Estate.

Jadi itulah tadi sejarah Jababeka atau perusahaan PT Kawasan Industri Jababeka Tbk dari tahun 1989 sampai sekarang di tahun 2022.

Tentang Jababeka

Ketika berbicara tentang Jababeka tentunya kita akan membahas tentang PT Jababeka Tbk. PT Jababeka Tbk seperti yang telah kami jelaskan di atas, perusahaan ini berdiri sejak tahun 1989. Dan ini merupakan perusahaan pengembang kawasan industri terbuka pertama yang ada di Indonesia yang tercatat di Bursa Efek Jakarta dan Surabaya di tahun 1994.

Inti utama dari bisnis yang Jababeka lakukan adalah mengembangkan kawasan industri yang didukung dan meningkat dengan infrastruktur dan jasa manajemen kota yang terbaik.

Proyek Jababeka Yang Sedang Berjalan

Ada beberapa proyek yang sedang berjalan yang mana PT Jababeka Tbk sebagai pengembangnya, yaitu antara lain:

Kawasan Industri Cikarang

Kawasan Industri Jababeka Cikarang adalah salah satu proyek Jababeka yang sedang berjalan yang memiliki total luas lahan sekitar 5.600 hektar. Di kawasan industri Jababeka Cikarang ini telah menampung lebih dari 1.650 perusahaan lokal dan multinasional yang berasal dari 30 negara. Termasuk dari Negara Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Jepang, Belanda, Australia, Singapura, Korea, Malaysia, Taiwan dan lainnya.

Selain berkembang sebagai kawasan industrial, kawasan industri jababeka juga sebagian lahannya digunakan untuk area residensial, komersial, pusat perbelanjaan, jaringan transportasi umum, pelabuhan kering, rekreasi dan hiburan, pembangkit listrik, dan fasilitas lainnya.

Kawasan Industri Kendal

Merupakan kawasan industri yang berdiri atas kerja sama PT Jababeka Tbk dan Sembcorp Development Ltd. Kawasan industri Kendal ini memiliki luas sekitar 2.700 hektar.

Di sini akan dirancang menjadi kawasan industri standar internasional dengan pembangunan mixed-use.Sehingga terdiri dari daerah industri, perumahan dan komersial.

Tanjung Lesung

Tanjung Lesung yang berada di Provinsi Banten milik Jababeka ini memiliki luas sekitar 1.500 hektar. Proyek Jababeka di Tanjung Lesung ini rencana akan menjadi resort Internasional kelas satu yang akan menggabungkan nuansa Venesia dan Bali.

Selain itu di Kawasan Tanjung Lesung juga akan dibangun hotel, Kondominium, Apartemen, dan perumahan di tepi laut, serta lapangan golf.

Morotai

Proyek Jababeka di Morotai akan membangun potensi pariwisata,industri pertanian dan perikanan serta pusat logistik. Sekian yang dapat kami sampaikan tentang sejarah Jababeka dan beberapa informasi terbaru tentang proyek yang sedang berjalan yang mana PT Jababeka Tbk sebagai developernya.

Apakah anda suka dengan ini?

Klik bintang untuk memberikan rating!

Listing Properti Jual - Sewa

Price 3.000.000/m
Kategori: Industrial
Type Unit : Lahan Industri
Luas : 4 Hektare
Price 3.000.000/m
Kategori: Industrial
Type Unit : Lahan Industri
Luas : 1 Hektare
Price 5jt/meter
Kategori: Komersial
Type Unit : Tanah Kavling
Luas : 2 Hektare
Price 4jt/meter
Kategori: Komersial
Type Unit : Tanah Kavling
Luas : 8.657 m2
Price 2,7jt/meter
Kategori: Industrial
Type Unit : Lahan Industri
Luas : 9 Hektare
Price 2,75jt/meter
Kategori: Industrial
Type Unit : Lahan Industri
Luas : 9.220 m2