Jual - Beli - Sewa

Selamat datang, Kami siap membantu

Menu

Daftar Kawasan Industri di Jawa Barat Dan Fungsinya Dalam Perekonomian


4.8
(72)

Jawa Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki peran penting dalam perekonomian nasional. Salah satu faktor yang membuat Jawa Barat menjadi daerah yang strategis adalah karena adanya kawasan industri yang tersebar di berbagai wilayah. Kawasan industri tersebut memiliki peran yang sangat penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Pada tulisan ini, merupakan 32 Daftar Kawasan Industri Di Jawa Barat yang kami ambil dari situs resmi pada april 2023.

Jababeka Industrial Estate, Daftar Kawasan Industri Di Jawa Barat

Berikut 32 daftar kawasan industri yang berada di wilayah Jawa Barat :

  1. Kawasan Industri Jababeka

    Pertama, Kawasan industri Jababeka masuk kedalam Daftar Kawasan Industri Di Jawa Barat karena lokasinya terletak di Cikarang, Bekasi. Kawasan ini memiliki luas sekitar 5.600 hektar dan menyediakan lapangan kerja bagi ribuan orang. Di sini terdapat berbagai jenis industri, seperti otomotif, elektronik, makanan dan minuman, serta farmasi.

  2. Kawasan Industri Delta Silicon

    Yang kedua ada Kawasan industri Delta Silicon terletak di Cikarang, Bekasi dan memiliki luas sekitar 3.000 hektar. Kawasan ini berfokus pada industri teknologi informasi dan telekomunikasi serta industri kelistrikan dan elektronik.

  3. Suryacipta Subang Smartpolitan

    Suryacipta Subang Smartpolitan adalah kawasan industri yang terletak di Subang, Jawa Barat. Kawasan industri ini memiliki luas area sekitar 2.500 hektar dan menjadi pusat industri terpadu dengan fokus pada industri otomotif, elektronik, dan makanan dan minuman. Selain itu, kawasan industri ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti kawasan hunian, pusat perbelanjaan, taman rekreasi, dan fasilitas pendidikan..

  4. Greenland International Industrial Center (GIIC)

    Selanjutnya ialah kawasan industri Greenland International Industrial Center atau yang biasa terkenal dengan sebutan kawasan GIIC. Sebuah kawasan industri yang terletak di cikarang pusat dan memiliki luas sekitar 3.000 hektar. Kawasan ini menyediakan lahan untuk industri otomotif, makanan dan minuman, serta logistik.

  5. Karawang International Industrial City (KIIC)

    Karawang International Industrial City terletak di Karawang dan memiliki luas sekitar 1.200 hektar. Kawasan ini berfokus pada industri otomotif, elektronik, dan logistik.

  6. Karawang Jabar Industrial Estate (KJIE)

    Keenam, Kawasan industri Karawang Jabar Industrial Estate atau terkenal dengan singkatan kawasan industri KJIE.  Sebuah kawasan industri yang berlokasi di Karawang barat dan memiliki luas sekitar 3.200 hektar. Kawasan ini fokus pada industri otomotif, logistik, dan makanan dan minuman.

  7. Kawasan Industri Terpadu Indonesia China

    Ketujuh, Kawasan industri Terpadu Indonesia China terletak di Purwakarta dan memiliki luas sekitar 1.200 hektar. Kawasan ini merupakan kerja sama antara Indonesia dan China dalam mengembangkan kawasan industri yang fokus pada industri otomotif dan elektronik.

  8. Bekasi International Industrial Estate

    Bekasi International Industrial Estate terletak di Cikarang, Bekasi dan memiliki luas sekitar 2.000 hektar. Kawasan ini fokus pada industri elektronik, farmasi, dan makanan dan minuman.

  9. MM2100 Industrial Town BFIE

    Kawasan industri MM2100 BFIE terletak di cibitung, Bekasi dan memiliki luas sekitar 1.000 hektar. Kawasan ini fokus pada industri elektronik, farmasi, dan makanan dan minuman.

  10. MM2100 Industrial Town MMID

    Berikutnya ialah Kawasan industri MM2100 Industrial Town MMID terletak di Kota Bekasi dan dikelola oleh PT. PP Properti Tbk. Kawasan ini memiliki luas sekitar 3.000 hektar dan menjadi pusat industri otomotif dan elektronik. Beberapa perusahaan besar seperti Toyota, Mitsubishi, Yamaha, dan Samsung Electronics memilih berlokasi di kawasan ini.

  11. East Jakarta Industrial Park (EJIP)

    Kawasan industri EJIP terletak di Cikarang, Bekasi, dan memiliki luas sekitar 1.200 hektar. Kawasan ini memiliki spesialisasi di bidang industri elektronik, farmasi, dan makanan. Beberapa perusahaan yang beroperasi di kawasan ini adalah Samsung, LG Electronics, Unilever, dan Kalbe Farma.

  12. Kawasan Industri Gobel

    Kawasan industri Gobel terletak di Jalan Mayjen Sungkono, Cimahi, dan memiliki luas sekitar 6 hektar. Kawasan ini memproduksi berbagai macam produk elektronik seperti televisi, kulkas, dan peralatan rumah tangga lainnya.

  13. Kawasan Industri Marunda Center

    Kawasan industri Marunda Center terletak di Jakarta Utara dan memiliki luas sekitar 400 hektar. Kawasan ini terdiri dari beberapa sub-sektor industri seperti industri kimia, tekstil, makanan, dan otomotif. Beberapa perusahaan besar yang berlokasi di kawasan ini adalah PT. Unilever Indonesia Tbk dan PT. Indofood.

  14. Cibinong Center Industrial Estate

    Kawasan industri Cibinong Center Industrial Estate terletak di Bogor dan memiliki luas sekitar 106 hektar. Kawasan ini menjadi pusat industri logistik dan transportasi, di mana beberapa perusahaan seperti PT. Pos Indonesia dan PT. JNE beroperasi di sini.

  15. Kawasan Industri Sentul

    Kawasan industri Sentul terletak di Bogor dan memiliki luas sekitar 1.550 hektar. Kawasan ini menjadi pusat industri otomotif, elektronik, dan makanan. Beberapa perusahaan besar seperti Honda, Nissan, dan Indofood berlokasi di kawasan ini.

  16. Kawasan Industri Indotaisei (Kota Bukit Indah)

    Kawasan industri Indotaisei terletak di Purwakarta dan memiliki luas sekitar 400 hektar. Kawasan ini menjadi pusat industri otomotif dan elektronik. Beberapa perusahaan seperti PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia dan PT. LG Electronics Indonesia memilih berlokasi di kawasan ini.

  17. Kawasan Industri Kujang Cikampek

    Kawasan industri Kujang Cikampek terletak di Karawang dan memiliki luas sekitar 1.800 hektar. Kawasan ini menjadi pusat industri otomotif dan elektronik. Beberapa perusahaan seperti Hyundai, Samsung, dan PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing berlokasi di kawasan ini.

  18. Kawasan Industri Mitrakarawang (KIM)

    Mitrakarawang industrial estate merupakan sebuah kawasan industri yang terletak di Kabupaten Karawang. Memiliki luas sekitar 1.200 hektar dengan lebih dari 500 perusahaan yang beroperasi, kawasan industri ini berfokus pada industri otomotif, elektronik, dan farmasi.

  19. Kawasan Suryacipta IE

    Terletak di Kabupaten Karawang dan memiliki luas sekitar 700 hektar dengan lebih dari 200 perusahaan yang beroperasi, kawasan industri ini berfokus pada industri logistik, pendidikan, kesehatan, serta teknologi informasi.

  20. Mandalapratama Permai Industrial Estate

    Berlokasi di Kabupaten Bekasi dan memiliki luas sekitar 500 hektar, kawasan industri ini berfokus pada industri otomotif dan tekstil.

  21. Kawasan Industri Artha Industrial Hill

    Terletak di Kabupaten Bekasi dan memiliki luas sekitar 300 hektar dengan lebih dari 100 perusahaan yang beroperasi, kawasan industri ini berfokus pada industri makanan dan minuman, serta farmasi.

  22. Taman Niaga Karawang Prima (GT Tech Park)

    Terletak di Kabupaten Karawang dan memiliki luas sekitar 110 hektar dengan lebih dari 30 perusahaan yang beroperasi, kawasan industri ini berfokus pada industri teknologi informasi dan elektronik.

  23. Karawang New Industrial City

    Terletak di Kabupaten Karawang dan memiliki luas sekitar 800 hektar, kawasan industri ini berfokus pada industri otomotif, logistik, serta teknologi informasi.

  24. Kawasan Industri Pertiwi Lestari

    Kawasan Industri Pertiwi Lestari terletak di Kabupaten Karawang, dan didirikan pada tahun 2015. Kawasan industri ini berlokasi strategis, dekat dengan pelabuhan internasional Cikarang dan tol Jakarta-Cikampek. Luas area kawasan industri ini mencapai sekitar 86 hektar.

  25. Kertajati Industrial Estate Majalengka

    Kertajati Industrial Estate adalah kawasan industri yang terletak di Majalengka, Jawa Barat. Kawasan industri ini terletak di samping Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Luas area kawasan industri ini mencapai sekitar 1.760 hektar dan diharapkan menjadi pusat logistik dan industri di Jawa Barat.

  26. Kota Bukit Indah Industrial City

    Kota Bukit Indah Industrial City adalah kawasan industri yang terletak di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Kawasan industri ini memiliki luas sekitar 1.000 hektar dan terdiri dari beberapa zona industri. Zona industri tersebut meliputi industri otomotif, makanan dan minuman, serta logistik.

  27. Kawasan Industri Lion

    Kawasan Industri Lion terletak di Cikampek, Jawa Barat. Kawasan industri ini memiliki luas area sekitar 120 hektar dan menjadi pusat industri terpadu dengan fasilitas pendukung yang lengkap, seperti kawasan hunian, pusat perbelanjaan, pusat kebugaran, dan taman rekreasi.

  28. Kawasan Industri SKI

    Kawasan Industri SKI terletak di Subang, Jawa Barat. Kawasan industri ini memiliki luas sekitar 220 hektar dan fokus pada industri tekstil dan pakaian jadi. Selain itu, kawasan industri ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti kawasan hunian, pusat perbelanjaan, dan fasilitas kesehatan.

  29. Jatiluhur Industrial Smart City

    Jatiluhur Industrial Smart City merupakan kawasan industri yang terletak di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Kawasan industri ini memiliki luas sekitar 400 hektar dan menjadi pusat industri terpadu dengan fokus pada industri elektronik, otomotif, serta makanan dan minuman. Jatiluhur Industrial Smart City juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti kawasan hunian, pusat perbelanjaan, dan fasilitas kesehatan.

  30. Kawasan industri Taifa

    Berlokasi di Kabupaten Subang dan terkenal sebagai pusat industri garmen. Selain itu, kawasan ini juga menghasilkan produk-produk elektronik dan industri makanan.

  31. Kawasan Industri Cikembar

    Terletak di Kabupaten Sukabumi dan menjadi pusat industri tekstil dan garmen. Selain itu, kawasan ini juga memproduksi bahan bangunan seperti batu bata dan genteng.

  32. Kawasan Industri Rancaekek

    Terletak di Kabupaten Bandung dan menjadi pusat industri tekstil dan garmen. Selain itu, kawasan ini juga memproduksi berbagai macam produk seperti tas, sepatu, dan alat-alat kesehatan.

Demikianlah daftar lengkap Kawasan Industri di Jawa Barat beserta keterangan singkat tentang fungsinya dalam perekonomian. Kawasan industri ini memberikan kontribusi yang besar bagi perekonomian Jawa Barat dan Indonesia pada umumnya. Banyak perusahaan besar di dalam dan luar negeri memilih untuk berinvestasi dan membangun pabrik di kawasan industri tersebut karena infrastruktur yang memadai, keamanan, serta fasilitas pendukung yang lengkap.

Tak hanya itu, kawasan industri juga menjadi pusat lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar dan berperan penting dalam menggerakkan roda perekonomian lokal. Selain itu, kawasan industri juga berperan dalam memajukan teknologi dan meningkatkan daya saing industri nasional.

Diharapkan daftar ini dapat memberikan gambaran tentang kawasan industri di Jawa Barat dan keterkaitannya dengan perekonomian nasional. Dengan semakin berkembangnya kawasan industri di Jawa Barat, diharapkan akan tercipta lapangan pekerjaan yang lebih banyak dan dapat menggerakkan pertumbuhan ekonomi yang semakin baik.

Apakah anda suka dengan ini?

Klik bintang untuk memberikan rating!

Semoga bermanfaat,..

Yuk bagikan info ini

Kami meminta maaf jika anda tidak suka

Kami akan segera perbaiki

Beri tahu kami, apa yang perlu kami lakukan?

Jumat 28 April 2023 - Diposting Oleh: Heri Setiabudi

Listing Properti & Tanah Untuk Jual Atau Sewa

Price 380.000.000/Tahun
Luas : 972 Sqm
Kategori : Gudang
Price 3,7 Miliar
Luas : 366 m2
Kategori : Gudang
Price 2,5jt/meter
Luas : 77.789 m2
Kategori : Lahan Industri
Price 94 Miliar
Luas : 2 Hektare
Kategori : Pabrik
Price 2,9jt/meter
Luas : 2,7 Hektar
Kategori : Lahan Industri
Price 3.000.000/m
Luas : 4 Hektare
Kategori : Lahan Industri